Kamis, 10 April 2014

menuju keberhasilan ujian nasional

Bagaimana caranya agar pembelajaran efektif sehingga hasil belajar (UN) meningkat?
Ada enam kunci, yaitu Siswa, Ukur, Komunikasi, Strategi, Evaluasi, Sukses :
  1. Siswa, identifikasi kemampuan siswa dengan test (test yang berstandar nasional, bukan untuk memberi nilai, tetapi untuk mengidentifikasi indikator yang sudah atau belum dikuasai). Hasil tes digunakan sebagai feed-back bagi siswa dan guru.
  2. Ukur, tentukan alat ukur dan indikator untuk mengukur  target yang ingin dicapai.
  3. Komunikasi, perlu adanya komunikasi antara guru, siswa, kepala sekolah dan orang tua sehingga ada sinergi.
  4. Strategi,  implementasi saat ini yang akan dicapai, gap dan program, tetapkan materi / buku pengayaan kisi-kisi/SKL UN.
  5. Evaluasi, dilakukan dengan try out dan prediksi, sertai dengan progress report.
  6. Sukses, sukses tercapai ketika siap  menghadapi UN menuju hasil optimal.
Tahapan sukses UN: test awal (baseline) – analisis/koreksi tim – komunikasi/ koordinasi – indentifikasi  kompetensi siswa dan kompetensi ujian nasional – penetapan materi/buku pengayaan – implementasi – evaluasi  (try out & prediksi)
Strategi pengembangan materi pengayaan/ suplemen UN: awalilah dengan analisis kompetensi UN 2006 – 2011, SI dan SKL, bandingkan dengan kisi-kisi UN terkini. Kembangkan materi pengayaan UN dengan prinsip SREE (simplified, reinforcement, exercise, evaluation), sederhanakan materi, tunjukkan jalan pintas atau cara cepat pada siswa – beri penguatan pada siswa – berilah latihan – evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar